Sabtu, 14 April 2012

Fisiologi Daun, Buah, Pelepah, Dan Fisiologi Pemupukan Kelapa sawit


1.     Fisiologi Daun
      Daun kelapa sawit pada umumnya berwarna hijau tua dan pelapah berwarna sedikit lebih muda. Penampilannya sangat mirip dengan tanaman salak, hanya saja dengan duri yang tidak terlalu keras dan tajam. Daun kelapa sawit terdiri dari beberapa bagian:
  1. Kumpulan anak daun (leaflets) yang memiliki helaian (lamina) dan tulang anak   daun (midrib).
  2. Rachis yang merupakan tempat anak daun melekat
  3. Tangkai daun (petiole) yang merupakan bagian antara daun dan batang
  4. Seludang daun (sheath) yang berfungsi sebagai perlindungan dari kuncup dan memberi kekuatan pada batang Luas daun meningkat secara progresif pada umur sekitar 8-10 tahun setelah tanam.
Panjang daun kelapa sawit berkisar 5-9 m dengan jumlah anak daun berkisar 125-200 helai dengan panjang 1,2 m. Jumlah daun yang tumbuh setiap tahun adalah antara 20-30 daun  (Wahyono, dkk, 1996).

            Biasanya tanaman kelapa sawit mempunyai 40 hingga 65 daun, jika tidak dipangkas bisa lebih dari 60 helai. Tanaman kelapa sawit tua membentuk 2-3 daun setiap bulan, sedang yang lebih muda menghasilkan 3-4 daun perbulan. Produksi daun dipengaruhi oleh faktor-faktor: umur, lingkungan, musim, iklim dan genetik. Produksi daun berdasarkan umum pada palma yang terdapat di Afrika adalah sebagai berikut. Produksi daun meningkat sampai dengan umur 6-7 tahun, kemudian menurun pada umur 12 tahun, seterusnya produksi daun tetap berkisar 22-24 daun pertahun (Sianturi, 1991).

            Susunan daun tanaman kelapa sawit mirip dengan tanaman kelapa yaitu membentuk susunan daun majemuk. Daun-daun tersebut akan membentuk suatu pelepah daun yang panjangnya mencapai kurang lebih 7,5-9 m. Jumlah anak daun pada tiap pelepah berkisar antara 250-400 helai. Daun muda yang masih kuncup berwarna kurang pucat. Pada tanah yang subur, daun cepat membuka sehingga makin efektif menjalankan fungsinya sebagai tempat berlangsungnya fotosintesa dan juga sebagai alat respirasi (Tim Penulis PS, 1997).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar